Tinjau Tiga SMP Negeri, Pj Walikota Pekanbaru Pastikan PPDB Berjalan Lancar

  • Selasa, 05 Juli 2022 - 11:12 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 di Kota Pekanbaru berjalan lancar. Hal ini diungkapkan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun usai melakukan tinjauan ke beberapa SMP Negeri, Senin (4/7/2022).

Muflihun didampingi Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal, Asisten III Setdako Pekanbaru Masykur, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas dan juga beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya saat tinjauan. 


Muflihun meninjau langsung guna memastikan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 berjalan lancar. Mereka melakukan tinjauan ke tiga SMP Negeri, yakni  SMP Negeri 4, SMP Negeri 10, dan SMP Negeri 1. 


"Kami melakukan tinjauan ke beberapa SMP Negeri melihat langsung Proses PPDB. Kalau kendala kecil biasa. Paling ya seperti di SMP Negeri 4 tadi, jalur Zonasinya lebih banyak, kemudian jalur lain kurang. Sementara di SMP lain kebalikannya, hanya hal-hal seperti itu saja," terang Muflihun. 

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun berbincang dengan salah satu panitia PPDB di SMP Negeri 1

 


Muflihun menyebut, sebelumnya dirinya juga sempat mendapatkan keluhan terkait permasalahan KK dan sebagainya. Untuk itu, pihaknya ingin langsung melihat ke lapangan, sebenarnya apa permasalahan yang terjadi melalui PPDB Online ini.

"Kita akan rekap apa permasalahan-permasalah yang terjadi, dan tentunya akan kita cari solusinya. Namun memang sejauh ini tidak ada kendala berarti. Seluruhnya berjalan lancar," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, Pj Walikota mengingatkan pihak penyelenggara PPDB untuk tetap menjalankan PPDB ini sesuai dengan aturan yang berlaku. Proses PPDB ini jangan sampai dikeluhkan masyarakat. 

Kalau memang tidak bisa diterima sesuai aturan, jangan dipaksakan. Aturannya sudah ditetapkan. Dan untuk sekolah, juga jangan sampai mau tertipu dengan kelengkapan persyaratan seperti KK yang masih kurang setahun.

"Untuk sekolah kita ingatkan harus bijak menerima berkas-berkas persyaratan, jangan sampai ada komplain," katanya. 

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun didampingi beberapa kepala OPD saat tinjauan ke SMP Negeri 4

 

Untuk saat ini jumlah SMP Negeri di Kota Pekanbaru memang terbatas. Sebaliknya, tamatan SD jauh lebih banyak yaitu sekitar 20.000 orang. Sedangkan bangku SMP yang tersedia hanya sekitar 8.000 di SMP negeri. 

"Kami berencana menambah ruang kelas baru agar tidak terlalu jauh jaraknya antara peserta didik baru yang masuk SMP. Nanti kita sampaikan juga ke Dewan, saya kira mereka pasti maulah. Kita angsur-angsurlah," pungkasnya. 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas pada kesempatan tersebut mengatakan proses PPDB SMP Negeri di Kota Pekanbaru sudah berjalan selama 6 hari. Dan selama itu pula prosesnya berjalan lancar dan tidak ada kendala. 

"Alhamdulillah semua lancar. Aplikasi yang kita siapkan tidak ada masalah. Kemudian jaringan bagus, kecuali saat dua jam di hari pertama yang sedikit gangguan. Namun kami sudah laporkan ke pihak penyedia jaringan. Sejak itu lancar hingga kini," ujar Ismardi Ilyas.

Ia mengatakan masalah lain yang muncul adalah orang tua ada yang mendaftarkan anaknya di pusat kota. Sementara, Kartu Keluarga (KK) anak beralamat di Kecamatan Rumbai. 

"Tentu sistem menolaknya. Jadi saya berharap untuk wali murid kedepannya jika ingin mendaftar ke kawasan perkotaan, uruslah kelengkapannya. Harus diurus KK si anak di kawasan pusat kota. Karena memang beberapa waktu terakhir ini KK yang menjadi persoalan," jelasnya.

Ia mengatakan untuk aduan ke Disdik hingga saat ini memang masih terkait masalah tersebut. Ada sekitar 15 an aduanlah.

"Mereka mengadu kenapa tak bisa masuk. Padahal memang tidak bisa dipaksakan kalau soal itu. Namun kita beri pemahaman dan Alhamdulillah para wali murid ini paham dan mengerti," sebutnya.

Disampaikan Ismardi, untuk SMP Negeri hingga saat ini sudah ada 6.000 orang peserta didik yang mendaftar. Masih ada waktu hingga esok untuk memenuhi kuota yang telah disiapkan. "Untuk peserta didik SMP negeri yang akan diterima sekitar 8.000 orang. Masih ada waktu dua hari lagi, insya Allah akan terpenuhi," pungkasnya.

PJ Walikota Pekanbaru Muflihun melihat registrasi PPDB di SMP Negeri 4

 

Sementara itu Kepala SMP Negeri 4 Rukiah mengatakan berdasarkan peninjauan yang dilakukan Pj Walikota, proses PPDB di SMP Negeri 4 Pekanbaru berjalan lancar.

"Namun yang jadi kendala mungkin hanya sistem saja, terkadang orang tua meng-upload ada jaringan yang kurang bagus, kemudian mereka melapor kesini dan itu bisa teratasi. Jadi memang tidak ada masalah sejauh ini, insya Allah besok ditutup," ungkapnya.

"Kami rasa sampai saat ini tak ada masalah, kita mengikuti Juknis yang ada di PPDB," ulasnya. 

Rukiah mengatakan untuk kuota di SMPN 4 keseluruhan adalah 288. Dari jumlah tersebut 50 persennya untuk zonasi, jadi jumlahnya 144. Kemudian untuk akademiknya 30 persen, itu terdiri dari 15 persennya prestasi kemudian yang non akademiknya 15 persen. Kemudian selanjutnya untuk jalur perpindahan orang tua 5 persen dan afirmasi 15 persen. (Adv)



Baca Juga